Derawan Island : Hidden Gem in Borneo

Pagi ini gue terbangun dengan flashback memori perjalanan di masa lalu. Yakkk, tepat hari ini 1 tahun yang lalu, gue pergi ke pulau Derawan. Dan ternyata, ini menjadi one of the best trip i’ve ever had !! I will tell you why..

Semuanya diawali dengan obrolan dengan temen gue Astrid yang berencana buat ngetrip bareng ke Derawan. Siang itu gue mendapat whatsapp call dari Astrid : “Uyuuuudddd (begitulah dia memanggil), ke Derawannya tanggal 14 Agustus yukk” dan lu tauuu, 14 Agustus itu tinggal 2 minggu lagi !! OMG gaa !!  Biasanya kalo mau ngetrip, gue tuh merencanakan dari jauh-jauh hari, lah iniii tinggal 2 minggu lagiii…  Tapii tapiiiii, dengan polosnya gue mengiyakan ajakan tersebut *gampangannn bangett yakk gue….

Singkat cerita, jadilah gue ber4 pergi ke Derawan. Sebelomnya, daritadi gue nyebut-nyebut Derawan terus, Derawan tuhh dimana sihhh?? Kepulauan Derawan itu adanya di Kalimantan Timur, nah bagi elu orang yang mau kesana ada 2 pilihan ni, bisa via Berau atau via Tarakan.

Kalau gue kemarin via Berau, jadi gue via Balikpapan dulu, lalu ke Berau, dari Berau lanjut ke pelabuhan dan masih naik mobil lagi sekitar 2-3 jam. Kemudian dari pelabuhan ke pulau Derawannya ga sampai 1/2 jem. Kalau dari Tarakan, masih naik kapal laut lagi sekitar 4 jam kalau engga salah. Ohh ia, btw airport di Berau itu bagus loh, gue ga nyangka.

IMG_5367 (640x480)

Sewaktu sampe di pulau Derawan, gue langsung disuguhi dengan pemandangan cantik yang bikin happyyy.

IMG_5386 (640x480)IMG_5381 (640x480)IMG_5382 (640x480)

Dan gue tinggal di cottage di atas air (Derawan Pinades), di tempat kampung suku bajo. Meskipun sederhana, tapi cottage ini homie banget bikin betah. Yang paling menarik nih, pas bangun pagi itu disuguhi dengan suara deru ombak, suara burung pagi hari.. Mantepp bangett dehh..

IMG_5390 (640x480)

Di Derawan banyak aktivitas yang bisa dilakuin, sewaktu sampai disana, gue langsung dibawa ke yang namanya Gusung Pasir. Tempatnya ga jauh dari pulau Derawan. Sedikit info, Gusung Pasir itu cuma ada kalau air laut lagi surut, baru lah tempatnya timbul. Pas gue di Gusung Pasir, ga ada siapa-siapa.. Bahagiiaaaa !! Serasa milik sendiriii.

IMG_5401 (640x480)IMG_5419 (640x480)IMG_5463 (640x480)

Abis itu kita diajak keliling pulau Derawan, sewa sepeda keliling pulauu. Aihhh demen banget yang namanya sepedaan keliling pulau. Terus kita berhenti di suatu dermaga dan melihat sunset. Cakep !!

IMG_5442 (640x428)IMG_5444 (640x428)IMG_5445 (640x428)IMG_5451 (640x427)

Nah pas malemnya, setelah makan malem, temen-temen gue berencana untuk tidur. Tapi karena gue mengemban misi dan impian berburu Milky Way, jadilah gue hunting sendirian ke ujung dermaga. Dan setelah beberapa waktu, akhirnya gue dapet foto Milky Way pertama gue !! Waktu itu gileee senengnya bukan mainn, moto Milky Way itu impian gue dari lama !!

IMG_8301 (640x427)

Pas dapet, gue tunjukin deh ke temen-temen. Akhirnya mereka engga pada jadi tidur lohhh !! Jadinya mereka ngikut gue ke dermaga itu. Disana kita duduk bengong, ngobrol, denger lagu, trus malem itu bintang di langit banyakkk bangettt !! Sampe kita tuh tiduran disana, dan bergumam “gilee yee keren abiss niii, the best bangett !”.

IMG_7573 (640x427)

Esok harinya, kita diajak ke pulau Maratua. Ternyata dari pulau Derawan ke pulau Maratua itu jauh juga loh. 1-2 jam kalo ga sala inget. Yang hebatnya, tour guide kita namanya pak Hasan, dia bawa kapal engga pake GPS dsb. Pas kita tanya, kok bisa tau jalannya pak, dia bilang karena uda biasa *hebatttt.

Sesampainya di pulau Maratua, duhh ilehhh ni pulauu cakepp bangettt. Airnya bersih, warna warni menghias lautnya.

IMG_5482 (640x480)IMG_5486 (640x480)IMG_5488 (640x480)IMG_5499 (640x480)IMG_5531 (640x480)IMG_8364 (512x640)

Setelah itu kita ke Laguna atau kalau orang lokal sebutnya “Goa Ikan”. Tempat ini ga bisa sembarang pergi, karena harus pas air laut surut. Jadi kita akan masuk kaya goa gitu, setelah sampai dalam barulah keliatan hamparan laguna yang cakep.

DCIM101GOPROG0461958.DCIM101GOPROG0441879.

Terus kita dibawa ke pulau Kakaban, di pulau inilah spesies Stingless Jellyfish berada. Tau ga itu apa?? Ubur-ubur ga beracun maksudnyaa. Pengalaman gue berenang di danau Kakaban bersama ubur-ubur adalah geli-geli gimana gitu. Soalnya ubur-uburnya tuh banyak banget, pas berenang kaki suka kena mereka. Ohh iaa kalau pada kesini, tolong ya hati-hati pas berenang, soalnya ubur-ubur ini makhluk yang rentan, bisa kekoyak nantii.. Kasiann kannn T_T…

DCIM100GOPROGOPR0469.

DCIM101GOPROGOPR2084.

Setelah puas berenang bersama ubur-ubur itu, berangkatlah kami ke tempat Manta Point. Tempat dimana para ikan Manta berenang di laut lepas. Itu merupakan salah satu pengalaman gue yang ga bakal gue lupain, dimana gue berada di deket ikan Manta yang gede. Sayang gue ga gada fotonya.

Terus pas disana sempet ada kejadian turis bule ilang pas diving. Aduh ngenes deh dengernya, katanya kebawa arus. Yang mo diving kudu hati-hati ya, biar ga kebawa arus.

Malem hari kita dibawa melihat penyu bertelur. Kalau kesana bawa senter ya, dan ga boleh ribut. Soalnya penyu itu sensitif, dia bisa ga jadi bertelur. Penyu itu datang dari laut terus bertelurnya di pantai. Ternyata penyu itu gedee lohh, dipelok juga bisa. Dan bertelurnya banyak banget. Sama orang lokal, telurnya itu dijaga dan ditaruh di penangkaran buat melestarikan spesies penyu..

IMG_5572 (640x480)IMG_5577 (640x480)

Terakhir kita dibawa ke pulau Sangalaki, disitu tempatnya penangkaran penyu-penyu yang unyuuuu. Sebenernya masih ada beberapa tempat lagi kaya Goa Haji Mangku, Talisayan dimana elu bisa melihat Hiu Paus.. Cuma waktunya ga keburu, jadi ga bisa kesana.

Dan intinya, perjalanan ke Derawan ini merupakan one of the best trips gue karena impian gue foto Milky Way tercapai, pemandangan cakep, banyak hal-hal baru, dan yang pasti TEMEN-TEMEN GUE inii yang tambah bikin trip ini the bestt ! Salute for you guyzz !! =) Sekian duluu yakk, gue mo makan siang.. Laperrr… See yaaaaa.

DCIM101GOPROG0431794.DCIM101GOPROG0431798.DCIM101GOPROG0431802.DCIM101GOPROG0431805.

Leave a Reply

